Dapatkah kita percaya pada "Komputer"?

Dapatkah kita mempercayai komputer? di zaman sekarang ini yang semua sudah terkomputerisasi, kita tidak dapat pungkiri bahwa kita tidak mengerti komputer. sudah banyak alat-alat yang sudah terkomputerisasi, bahkan alat-alat rumah tangga banyak yang sudah ditanamkan chip komputer. oleh karena itu bisa kah kita mempercayai akan komputer?

Pada awalnya komputer yang diciptakan sebagai mesin penghitung cepat(kalkulator) pada abad ke-18, kini sudah berkembang sangat pesat. karena para peneliti sudah melakukan perubahan banyak hal di dalam komputer agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan/error yang dapat mengakibatkan kesalahan yang sangat fatal.

Fakta tentang komputer :
1. Perangkat lunak bebas kesalahan itu tidak memungkinkan.
2. Kesalahan sering disebabkan oleh lebih dari satu faktor.
3. Kesalahan dapat dikurangi dengan mengikuti prosedur dan praktik profesional yang baik.

Dalam hal ini peran manusia sebagai pengguna komputer sangat besar, agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. karena kesalahan juga sering terjadi dikarenakan oleh human-error. Oleh karena itu setidaknya kita sedikit belajar tentang komputer sebelum kita menggunakannya selayaknya kita berkendara dan kita harus memiliki SIM(Surat Izin Mengemudi). Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada komputer :

♠ Masalah untuk Individu :
Masalah individu yang mungkin terjadi pada diri kita yang mungkin menyadari akan terjadinya kesalahan tersebut. seperti Billing-error/Kesalahan tagihan dalam berlangganan sesuatu, misalkan PT. PLN yang dulu sering terjadi kesalah sistem dalam memberikan tagihan. Atau bahkan sebuah database dari badan penegak hukum yang salah mengidentifikasi seseorang sehingga dapat melibatkan orang yang tidak bersalah.

♠ Kegagalan Sistem :
Kegagalan ini mungkin sering kita jumpai di era yang serba komputer sekarang ini, karena semua orang memiliki hak untuk membuat program/software semacamnya. Bahkan akan lebih fatal bila kegagalan sistem ini terjadi pada sebuah perusahaan besar yang sudah menjadi fasilitas umum pasti akan berdampak besar pada konsumennya, seperti PT. KAI, PT. PLN, atau bahkan Bandara.

♠ Aplikasi Keamanan-Kritis :
Sistem yang berbahaya dimana orang mungkin terluka atau terbunuh, biasanya sistem ini ada pada Militer, Pembangkit listrik, Pesawat terbang, Kereta api, Pabrik Otomatis, atau Obat-obatan. Dimana sistem tersebut dapat membahayakan orang lain individu maupun kelompok bila terjadi kesalah dalam sistemnya.

Komentar